Muhammad Tulus
Penyanyi Musisi

Muhammad Tulus atau pria yang akrab disapa Tulus ini  adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia yang saat ini berdomisili di Bandung. Siapa yang tak mengenali sosok pria bertubuh besar dengan lagu-lagu hits romantis yang ia nyanyikan.

Selain berprofesi sebagai seorang penyanyi, Tulus juga berprofesi sebagai seorang arsitek, setelah menamatkan studinya di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Tulus terkenal dengan lagu-lagunya yang bernuansa cinta dan selalu menyisipkan analogi-anlogi kedalam liriknya. Beberapa diantaranya seperti Sepatu, Gajah, selalu menjadi hits di radio-radio tanah air.

Sejak kecil Tulus telah menggeluti hobinya dalam dunia tarik suara. Awal karirnya dimulai ketika ia bernyanyi di sebuah acara komunitas club penghobi genre musik jazz. Selain itu juga ketika ia masih berstatus sebagai mahasiswa, ia juga seringkali tampil dalam acara-acara pagelaran musik kampus.

Tulus mulai dikenal sebagai penyanyi jazz, ketika ia sering tampil dalam acara komunitas jazz serta tampil di kampus-kampus yang ada di Bandung. Pada saat ia masih kuliah, ia pernah bergabung dalam sebuah band bernama Sikuai Band.

Pada saat peluncuran album perdananya di Centre Cultural Francaise Bandung, ia tak menyangka bahwa tiket sebanyak 350 lembar habis terjual.

Album bernama Tulus ini diproduseri oleh Ari Renaldi dan didistribusikan oleh Demajor serta dirilis oleh perusahaan rekamanya sendiri yakni TULUS Co pada 28 Septemper 2011.

Dalam album tersebut terdapat beberapa lagu karyanya sendiri diantaranya Teman Hidup, Sewindu, Tuan Nona Kesepian, Kisah Sebentar, dan Jatuh Cinta. Tak disangka, lagu-lagunya tersebut mampu merajai di radio-radio nasional.

Pada tanggal 28 September 2011, dimana TULUS menciptakan seluruh lagu, berperan sebagai composer sekaligus koproduser album tersebut. Kakak kandung TULUS, Riri Muktamar bertindak sebagai produser eksekutif.

Lagu-lagunya seperti Sewindu, Teman Hidup, Kisah Sebentar, Tuan Nona Kesepian, dan Jatuh Cinta, merajai chart-chart di radio-radio di seluruh Indonesia.

Majalah Rolling Stone Indonesia meletakkan album ini di deretan atas daftar-daftar kantung album terbaik Indonesia pada tahun 2013, memberikan TULUS penghargaan sebagai Rookie of The Year  pada tahun tersebut.

Pada awal tahun 2016, TULUS merilis single terbarunya yang berjudul Pamit. Pamit adalah single yang merupakan bagian dari kantung album ketiga-nya yang akan dirilis pada pertengahan tahun 2016.

Di kantung album ketiga-nya ini, TULUS mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan The City of Prague Philharmonic di Republik Ceko.

Ia melakukan sesi rekaman dengan iringan alat-alat musik gesek dari The City of Prague Philharmonic untuk 6 lagu yang ada dalam kantung album tersebut.

 

 

 

 

Lahir Bukittinggi, 20/08/1987
Profesi Penyanyi Musisi (-)
AgamaIslam
Muhammad Tulus
Penyanyi Musisi