Henk Sneevliet
Pendiri Indischee Sociaal-demokratische Vereniging (ISDV)

Hendricus Josephus Franciscus Marie Sneevliet atau yang lebih dikenal dengan nama Henk Sneevliet merupakan seorang tokoh komunis Belanda yang aktif di Hindia Belanda pada 1900-an. Sneevliet terlibat dalam perlawanan kaum komunis terhadap pendudukan Jerman pada masa Perang Dunia II.

Pada 1900, Sneevliet bekerja di perusahaan kereta api Belanda dan bergabung dengan Sociaal Democratische Arbeiders Partij (Partai Buruh Sosial Demokrat/SDAP) di Zwolle.

Tahun 1913 hingga 1918, Sneevliet tinggal di Hindia Belanda. Pada 9 Mei 1914, Sneevliet bersama J.A. Brendsteder, H.W. Dekker, dan Piet Bergsma berkumpul di Marine Gebouw, Surabaya. Mereka mendirikan perkumpulan sosialis demokrat Hindia Belanda dan menamainya Indische Sociaal Democratische Vereeniging (ISDV).

Ketika di ISDV, Sneevliet  memprotes hukuman terhadap Mas Marco Kartodikromo dan peraturan pers Hindia. Kala itu, dokter Tjipto Mangunkusumo dan Suwardi Surjaningrat ikut serta membela Marco. Di tahun 1915 Sneevliet berkenalan dengan Semaoen, tokoh pergeraan kiri Indonesia.

Sneevliet juga aktif kembali di serikat buruh VSTP Vereniging van Spoor-en Tramweg Personeel (VSTP), yang berdiri sejak 1908 dan anggotanya terdiri dari orang Belanda dan Indonesia.

Setelah Revolusi Rusia 1917, Sneevliet mendapat dukungan dari masyarakat Indonesia, maka dari itu pada 1918, dia dipaksa untuk meninggalkan Hindia Belanda.

Sementara itu, pada Kongres VII ISDV 23 Mei 1920 di Gedung SI Semarang PKI didirikan. Semaoen terpilih sebagai Ketua, Darsono Wakil Ketua, Piet Bergsma sebagai Sekretaris, dan H.W. Dekker sebagai Bendahara. Adolf Baars, J. Stam, Dengah, C. Kraan, dan Soegono menjadi komisaris partai.

Pada 1920 Sneevliet hadir pada kongres kedua Komintern di Moskow, sebagai wakil dari Partai Komunis Indonesia (PKI), yang menggantikan ISDV. Lenin kemudian Sneevliet sebagai wakil Komintern ke Tiongkok, untuk membantu Partai Komunis Tiongkok.

Pada April 1942, Sneevliet dan pimpinan Front MLL ditangkap oleh Nazi. Tanggal 12 April, mereka dihukum mati.

https://tirto.id/henk-sneevliet-mahaguru-pendiri-pki-cokh

https://id.wikipedia.org/wiki/Henk_Sneevliet

Lahir Rotterdam, 13/05/1888
Profesi Pendiri Indischee Sociaal-demokratische Vereniging (ISDV) (1914-)
AgamaTidak Diketahui
Henk Sneevliet
Pendiri Indischee Sociaal-demokratische Vereniging (ISDV)